Survey penanaman pohon di Kaki Gunung Wedon
Survey penanaman pohon di Kaki Gunung Wedon

Prodi BK Unikama adalah salah satu program studi yang mengimplementasikan program MBKM Kemendikbud tahun ajaran 2021/2022. Mahasiswa dapat memilih sejumlah kegiatan skema MBKM di semester ini. Misalnya, Program Magang, Asistensi Mengajar, Kampus Mengajar, Penelitian, Pertukaran Pelajar, KKN Tematik dan Proyek Kemanusiaan. Yang mana untuk dapat memilih skema tersebut memiliki kriteria, mulai dari minimal jumlah SKS dan minimal semester yang terprogram.

Proyek kemanusiaan misalnya, skema ini adalah salah satu skema program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang memfasilitasi mahasiswa memperoleh kesempatan dalam mengembangkan kegiatan kemanusiaan secara mandiri dan melatih mahasiswa meningkatkan kepedulian dan kepekaan di lingkungan masyarakat. Proyek kemanusiaan ini terlaksana secara terprogram dan berkerjasama dengan lembaga Omah Difabel di bawah naungan Lingkar Sosial (LINKSOS). Omah difabel ini merupakan lembaga yang memberikan fasilitas pelatihan dan pendampingan terhadap masyarakat berkebutuhan khusus atau difabel.

Terdapat dua mahasiswa Prodi BK Unikama yang ikut dalam proyek kemanusiaan di Omah Difabel ini. Mereka melakukan pengabdian dan pendampingan aktifitas masyarakat difabel di Desa Turirejo Kecamatan Lawang Kabupaten Malang selama dua bulan dalam satu semester. Sejumlah program kerja yang terlaksana dan melibatkan mahasiswa Prodi BK adalah pengeloloaan wisata Gunung Wedon sebagai daya tarik masyarakat. Pengelolaan Gunung Wedon merupakan bentuk keprihatinan dan kepedulian terhadap ekosistem Gunung Wedon itu sendiri. Gunung yang tadinya hutan lebat kemudian terancam rusak, karena adanya penggundulan dan juga longsor, serta di kaki gunung banyak sampah.

Mahasiswa Prodi BK Unikama berkesemptan ikut andil dalam proyek pelestarian tersebut. Beberapa program kerja yang telah terlaksana, antara lain mengadakan penanaman pohon di kaki Gunung Wedon. Tujuan dari kegiatan ini adalah menjaga kelestarian Gunung Wedon sebagai tempat wisata dan ekosistem biotik, untuk keberlangsungan hidup hewan dan masyarakat yang tinggal disekitarnya.

Proyek Kemanusiaan – Skema MBKM – Prodi BK Unikama Gandeng Omah Difabel
WhatsApp chat